TELAH TERBIT !

Antologi Puisi
PANUTUTAN
sebuah kampung kenangan



Judul : Panututan: Sebuah Kampung Kenangan (Kumpulan Puisi)
Penulis : Irvan Mulyadie
Penerbit : Metafor Imagination (Mei, 2014)
Korektor : Ratna Ayu Budhiarti
Desain kover & Tata letak : Langit Amaravati
Ilustrasi sampul: Imam Ryqza Buana
Ilustrasi isi: Imam Ryqza Buana & Irvan Mulyadie
Halaman : viii + 88 halaman (Hardcover)
ISBN : 978-602-14276-9-9

Meresapi puisi-puisi Irvan Mulyadie sama halnya dengan menghayati setiap kisah dalam kehidupan sosial masyarakat urban. Tema cinta sama berdarahnya seperti tema kemanusiaan yang disuguhkannya dalam setiap puisi. Cinta yang lembut dan diam-diam, rindu yang dipendam dalam-dalam pada ibu dan wanita lain, Tuhan yang selalu hadir dalam doa-doa, anak tak berdosa yang harus mendapat sematan kata “jadah” di belakang namanya oleh norma sosial, sampai pada kemerdekaan salah satu suku di Indonesia yang masih mengenakan koteka.

Dalam puisinya dengan bentuk yang variatif, Irvan tak hanya mengungkap sisi lain yang dirasakan lelaki-perempuan dalam menanggapi persoalan. Ilustrasi yang melengkapi puisi pun menjadi kesatuan yang utuh dan menjadi kekuatan simbol-simbol protes terhadap ketidak adilan dunia di sekitarnya. Dengan diksi yang tidak berbelit, puisi-puisi Irvan mengajak kita merenung lebih jauh ke dalam diri, bagaimana menjadi lebih jujur dan berani bertindak.

Jika politik tak lagi bisa membela dan memihak, sastra seharusnya menjadi jalan alternatif dalam meluruskan persoalan. Jika segala bentuk pemberontakan terhadap kekuasaan atau tulisan lain menjadi busa basa-basi, maka satu-satunya jalan jujur yang tersisa hanyalah puisi.

Jangan berharap Anda akan mendadak terharu biru dan melankolis membaca puisi Irvan. Sebaliknya, pintu kesadaran Anda akan digedor-gedor, kadang berupa ketukan halus yang mengingatkan, sering kali serupa tonjokan ngilu di ulu hati. Jadilah manusia yang peka, demikian kira-kira pesan yang ingin disampaikan Irvan dalam setiap puisinya.

Selamat membaca, selamat membuka pintu masuk selebar-lebarnya untuk sebuah kesadaran dan kejujuran lewat jalan puisi.

(Ratna Ayu Budhiarti - Metafor Imagination)

Pemesanan:
 - Langit Amaravati (0856-0304-0837)
-  Meitha KH (0812-2258-3355) 




Komentar